Rabu, 30 Januari 2013

4 Cara Hilangkan Lingkaran Gelap di Bawah Mata

4 Cara Hilangkan Lingkaran Gelap di Bawah Mata - Apakah Anda memiliki lingkaran gelap di bawah mata? Jika iya, Anda patut waspada. Pasalnya berdasarkan penelitian terbaru, lingkaran gelap di bawah mata tak hanya terjadi akibat kurang tidur, tapi juga berkaitan dengan dehidrasi, kesehatan organ hati, dan anemia.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Satish Mehta, seorang Ophthalmologist dari Moolchand Eye Clinic mengatakan bahwa lingkaran gelap di bawah mata perlu mendapatkan perhatian khusus, mengingat hal tersebut bisa menjadi tanda gangguan kesehatan.

Penyebab Lingkaran Gelap di Bawah Mata

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab terjadinya lingkaran gelap di bawah mata, seperti:

  • Proses Penuaan
    Secara ilmiah setiap manusia akan mengalami proses penuaan. Salah satu ciri proses penuaan tersebut adalah munculnya lingkaran gelap di bawah mata. Lingkaran gelap tersebut muncul akibat menurunnya elastisitas kulit. Lapisan kulit pun menjadi lebih tipis sehingga pembuluh darah terlihat lebih jelas. Itulah yang menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata semakin kentara seiring usia bertambah.
  • Faktor Genetik
    Jika secara genetis orang tua Anda memiliki lingkaran gelap di bawah mata, bisa jadi akan diturunkan kepada Anda. Bahkan di usia muda, lingkaran gelap tersebut bisa sangat kentara.
  • Kurang nutrisi
    Selain faktor genetis, kurangnya asupan gizi penting seperti vitamin A, C, K dan E di dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu munculnya lingkaran gelap di bawah mata.
  • Kebiasaan Merokok
    Asap rokok mengandung radikal bebas yang dapat melemahkan kolagen, terutama di bagian bawah mata. Kolagen merupakan bahan pembangun utama pada dermis, salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein ini penting agar kulit senantiasa kencang dan lentur.
  • Paparan Sinar UV
    Terlalu sering terpapar sinar UV dapat membuat tubuh memproduksi terlalu banyak melanin. Melanin adalah penentu utama warna kulit yang juga terdapat pada rambut. Jika produksi melanin meningkat besar kemungkinan lingkaran gelap di bawah mata akan semakin jelas.

Mencegah dan Mengatasi Lingkaran Gelap di Bawah Mata

Ada 4 cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi munculnya lingkaran gelap di bawah mata, di antaranya:

  1. Pola Makan Gizi Seimbang
    Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi optimal, terutama untuk kesehatan kulit Anda. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang diperkaya vitamin dan mineral penting untuk menunjang kesehatan kulit Anda.
  2. Istirahat Cukup
    Kurang tidur sering menjadi penyebab utama munculnya lingkaran gelap di bawah mata. Selain itu, kurang tidur juga bisa menjadi pemicu stres dan bad mood, yang pada akhirnya membuat wajah Anda tampak muram dan pucat. Tidurlah minimal 7 jam setiap malam agar kulit Anda senantiasa segar dan bebas dari lingkaran gelap.
  3. Gunakan Masker sebelum Tidur
    Sebelum tidur kenakan masker atau serum instan yang mengandung vitamin A, E, dan bio peptide yang merangsang tumbuhnya kolagen alami. Kolagen berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur.
  4. Kenakan Kaca Mata Hitam
    Kenakan kaca mata hitam saat Anda berada di luar ruangan dengan paparan sinar UV terlalu lama. Kaca mata hitam berguna untuk mencegah iritasi dan melindungi mata agar tidak terpapar radiasi sinar UV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar